Translate

Amazon.com: Best Sellers in Books > Business & Money

Sunday, September 25, 2016

Type personality costumer penting anda?


Salah satu soft skills - salesmanship yang idealnya harus dimiliki seorang salesman adalah kemampun interpersonal skills, dimana seorang salesman harus mampu menganalisa dan memahami type personality costumernya. Dengan memahami type personality  costumernya maka kita bisa menentukan cara komunikasi mana yang paling cocok untuk tiap type costumer kita.

Ada banyak teori tentang hal tersebut diatas dan dikesempatan ini saya coba informasikan salah satu teori tentang bagaimana cara agar bisa berkomunikasi yang efektif dengan orang lain.  Teori ini sering disebut sebagai PCM yang merupakan kepanjangan dari  “Process Comunication Model (PMC).  PCM adalah tools yang scientific research based model, yang memberikan informasi tentang tingkah laku manusia (human behaviour) dan digambarkan dalam 6 type personality dan termasuk detail spesifik behaviournya  dari tiap tiap type. 

Secara singkat 6 type personality bisa di lhat di bawah ini:
  1. Relationshiper:  Type orang-orang di kelompok ini strong point nya adalah, orangnya sensitif, hangat, mudah terharu, secara gender type ini mayoritas dimiliki oleh wanita yaitu 75 % namun secara populasi dari 6 type diatas adalah 30%, expresi yang terlihat diwajah adalah kerutan diatas mata berbentuk bulan sabit. Kuku, makeup dan gaya rambut sangat penting, cara berpakaian yang soft, warna serasi, terlihat match dan rapih dan pas. Jika dirumah atau di tempat kerja menyukai situasi yang hangat dan nyaman, ada tanaman, furtinure yang nyaman, foto keluarga, warna-warna lembut dan music yang relaks. Karakter type ini adalah kemampuan untuk peduli ke orang lain dan kemampuan menciptakan harmoni di sekitarnya. Secara eksistensi untuk orang di kelompok ini adalah selalu bertanya dalam hatinya: "am i likeable?"    
  2.  Workaholic. Type orang-orang di kelompok ini, strong pointnya adalah orangnya logis, bertanggung jawab dan terorgarnisasi, secara gender 75% adalah lelaki, dalam populasi dibanding type lain sekitar 25%. Expresi yang sering terlihat adalah ada kerut di dahi terkesan kawatir, cara berpakaian selalu memilih pakaian sesuasi dengan event dan menyesuaikan acara, rapih, bersih. Suasana yang disukai di rumah/tempat kerja adalah semua terorganisasi, teratur, fungsional, ijazah/sertifikat tergantung rapih di dinding. Karakterisitik orang di type inin adalah proses berpikir logis, menghubungkan fakta-fakta dan ide-ide dan mensintesis. Secara eksistensi untuk orang di kelompok ini adalah selalu bertanya dalam hatinya: "Am I Competent?"
  3. Opinioner. Orang di kelompok ini strong pointnya adalah Jeli, teliti dan sering berbicara banyak tentang nilai-nilai. Secara gender 75% adalah laki-laki dan mewakili 10% orang dari total populasi, ekspresi yang sering terlihat mengkerutkan kening dan memicingkan mata, cara berpakaian yang klasik, jika dikantor/tempat kerja menyukai yang fungsional, tradisional dan furnitur yang antik. Karakteristik orang di type ini adalah mampu mengkespresikan opininya, menilai langsung,  meng-ekspresikan apa yang diyakininya. Secara eksistensi untuk orang di kelompok ini adalah selalu bertanya dalam hatinya:"Am I trustworthy?"
  4. Dreamer. Strong point orang dikelompok ini adalah imajinatif, kalem, perenung, banyak berpikir. Secara gender 60% adalah wanita dan secara populasi sekitar 10%. Expresi yang terlihat wajah apa adanya, sedikit keriput bahkan dengan bertambah usia, sedikit atau sering kali tidak menggunakan make up, rambut alami apa adanya.   Dari cara berpakaian tidak terlalu perduli dengan fasion dan kesesuaian warna asal nyaman. Suasana yang di inginkan jika di rumah atau tempat kerja adalah tempat yang simple, tenang, tanpa asesoris dan gadgets. Karakteristiknya Kemampuan untuk introspeksi, bekerja pada tugas-tugas yang jelas, biasanya bagus pada apapun yang bersifat manual.Secara eksistensi untuk orang di kelompok ini adalah selalu bertanya dalam hatinya:"Am I wanted?"
  5. Funmaker.   Strong point tipe ini adalah orangnya spontan, kreatif, provokator, player, ramai. Secara gender 60% adalah wanita dan mewakili 20% populasi. facial expresi yang sering terlihat adalah keriput kecil di sekitar mulut dan mata, mata berbinar.   Cara berpakaian yang "gue banget", berani berpakaian yang  mencolok, kombinasi yang nabrak, intinya adalah supaya bisa mendapat perhatian orang. Suasana di tempat kerja/di rumah  adalah suasanya yang bisa memberikan stimulasi seperti poster, games, toys, lampu2, suara,music &  gadget. karakteristik orang type ini adalah kemampuan untuk mengganggap hidup adalah "bermain" dan dan terlihat tidak gampang capai (resourceful). Secara eksistensi untuk orang di kelompok ini adalah selalu bertanya dalam hatinya:"Am I acceptable?"  
  6. Promoters.  Strong point dari kelompok ini adalah adaptable, kemampuan persuasive dan charming. Hanya 5 % dari populasi dan 60% adalah pria.  Expresi yang terlihat optimis, penampilan yang terkesan mahal baik dengan perhiasan, arloji ataupun pakaian ( if you have money, show it). Suasana yang diinginkan di rumah/kerja yang mewah, karpet tebal, kursi yang mahal, trofi dan pencapaian di pajang, menyukai warna hitam dan merah. Karakteristiknya adalah mampu bersifat tegas dan direct (sepertinya si James bond nih contoh yang cocok). Secara eksistensi untuk orang di kelompok ini adalah selalu bertanya dalam hatinya:"Am I alive?"     
Type-type personality di atas adalah kondisi yang dibuat jika seseorang dianggap personality nya 100% hanya pada satu type, artinya dalam kenyataan tidak ada orang yang 100% pada satu type saja, pasti ada kombinasi dari type lain, namun tetap saja yang personality yang utama yang dominan. Dan yang harus diingat lagi tidak ada type yang lebih baik atau lebih buruk, lebih pintar atau lebih bodoh, semua saling melengkapi. 

Take home messagenya, dengan anda mengetahui tipe-tipe kepribadian costumer anda,
  1.  maka anda bisa beradaptasi bagaimana membuat komunikasi bisa berjalan baik, dan ujung-unjungnya terbangun costumer relationship yang baik dan akhirnya atau ujung-ujungnya ke sales..
  2. Seringlah mengamati dan mencatat type-type personality dari costumer anda, sehingga semakin lama semakin terlatih

Pertanyaan berikutnya, bagaimana cara berkomunikasi dengan masing-masing type diatas? tunggu di artikel berikutnya ya?






tags. PCM, Process Communication Model, 6 type personality, relationshiper, workaholic, promoter, dreamer, funmaker, salesmanship, Salesman, Sales Representative 
           

No comments: